Selasa, 22 April 2014

JASA-JASA BANK


Pengertian jasa bank

Jasa – jasa bank merupakan kegiatakan perbankan yang ketiga, tujuan pemberian jasa – jasa bank ini adalah untuk mendukung dan memperlancar kegiatan menghimpun dana dan menyalurkan dana.
Lengkap atau tidaknya jasa bank yang diberikan sangat tergantung dari kemampuan bank tersebut, baik dari segi modal, perlengkapan fasilitas sampai kepada personel yang mengoperasikannya. Semakin lengkap tentunya semakin banyak modal yang dibutuhkan untuk melengkapi peralatan dan personelnya. Disamping itu, kelengkapan jasa bank ini tergantung dari jenis bank apakah bank umum atau bank perkreditan rakyat atau dapat pula dilihat dari segi status bank tersebut apakah bank devisa atau non devisa. Jika tersebut berstatus bank devisa, maka jenis jasa bank yang ditawarkan akan lebih lengkap dibandingkan dengan bank non devisa.

Keuntungan jasa – jasa bank

Seperti dijelaskan sebelumnnya bahwa keuntungan pokok perbankan adalah dari selisih bunga simpanan dengan bunga kredit atau pinjaman. Keuntungan dari transaksi dalam jasa –jasa bank ini disebut juga fee based. Keuntungan dari jasa bank dewasa ini semakin dibutuhkan bahkan dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini disebabkan keuntungan dari spread based semakin kecil mengingat persaingan yang semakin ketat dalam bidang ini. Oleh sebab itu, di samping mencari keuntungan utama tetap pada spread based, dewasa ini semakin banyak bank yang mencari keuntungan lewat jasa -  jasa bank.
Peroleh keuntungan dari jasa – jasa bank ini walaupun relative kecil, namun mengandung suatu kepastian, hal ini disebabkan risiko terhadap jasa – jasa bank ini lebih kecil jika dibandingkan dengan kredit.


Adapun keuntungan yang diperoleh dari jasa – jasa bank ini antara lain :
1     -      Biaya administrasi
2     -     Biaya kirim
3     -     Biaya tagih
4     -      Biaya provisi dan komisi
5     -      Biaya sewa
6     -      Biaya iuran
7     -      Biaya lainnya

Jenis – jenis jasa – jasa bank

Dalam penjelasan terdahulu dikatakan bahwa kelengkapan jenis – jenis bank yang dapat dilayani oleh tiap – tiap bank sangat tergantung dari kemampuan bank itu sendiri. Berikut ini akan dijelaskan jenis – jenis jasa bank yang dapat dikatakan lengkap untuk ukuran perbankan di Indonesia dewasa ini.

1    1.           Inkaso (collection)

Inkaso merupakan jasa bank untuk menagih warkat – warkat yang berasal dari luar kota atau luar negeri. Sebagai contoh apabila kita memperoleh selembar cek yang diterbitkan oleh bank di kota bandung, maka cek tersebut dapat dicairkan di Jakarta melalui jasa inkaso. Dalam hal ini bank yang di jakartalah yang menagihkannya ke bank di bandung dan proses penagihan ini kita sebut inkaso dalam negeri. Begitu pula jika cek atau bilyet giro yang kita peroleh dan diterbitkan oleh bank di luar negeri, kemudian kita uangkan di Indonesia, maka proses penagihannya melalui inkaso luar negeri.

            Adapun warkat – warkat yang dapat di inkasokan atau ditagihkan adalah warkat – warkat yang berasal dari luar kota atau luar negeri seperti :
-           - Cek
-          - Bilyet giro
-          - Wasel
-          - Kuitansi
-          - Surat askep
-          - Deviden
-          - Kupon
-          - Money order
-          - Dan surat berharga lainnya

Lama penagihan warkat dan besarnya biaya tagih yang dibebankan kepada nasabah tergantung bank yang bersangkutan. Biasanya lama penagihan berkisar antara 1 minggu sampai 4 minggu.

2    2.           Kiriman uang (transfer)

Transfer merupakan jasa pengiriman uang lewat bank baik dalam kota, luar kota atau keluar negeri. Lama pengiriman tergantung dari saranan yang digunakan untuk mengirim. Sarana yang digunakan dalam jasa transfer ini tergantung kemauan nasabah. Sarana yang dipilih akan memengaruhi kecepatan pengiriman dan besar kecilnya biaya pengiriman.
Sarana – sarana yang biasa digunakan adalah :
-           - Surat
-          - Telex
-          - Telepon
-          - Faksimile
-          - On line computer
-          - Dan sarana lainnya
Pengiriman uang atau transfer lewat bank akan memberikan beberapa keuntungan bagi nasabah, jika dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya.

Keuntungannya yang diperoleh oleh masing – masing pihak antara lain :
a     A.    Bagi nasabah akan mendapat
-            -        Pengiriman uang lebih cepat
-            -       Aman sampai tujuan
-            -    Pengiriman dapat dilakukan lewat telepon melalui pembebanan rekening
-            -    Prosedur mudah dan murah
b     B.     Bagi bank akan memperoleh
-            -    Biaya kirim
-            -    Biaya provisi dan komisi
-            -    Pelayanan kepada nasabah

3    3.            Safe deposit box
Safe deposit box (SDB) merupakan jasa – jasa bank yang diberikan kepada para nasabahnya. Jasa ini dikenal juga dengan nama safe loket. SDB berbentuk kotak dengan ukuran tertentu dan disewakan kepada nasabah yang berkepentingan untuk menyimpan dokumen – dokumen atau benda – benda berharga miliknya. Pembukaan SDB dolakukan dengan dua buah anak kunci, di mana satu dipegang oleh bank dan satu lagi dipegang oleh nasabah.

Keunggulan dari SDB adalah untuk menyimpan surat – surat berharga dan surat – surat penting seperti :
-          - Sertifikat deposito
-          - Sertifikat tanah
-          - Saham
-          - Obligasi
-          - Surat perjanjian
-          - Akte kelahiran
-          - Surat nikah
-           - Ijazah
-           - Paspor dan surat atau dokumen lainnya

          4.         Latter of credit (L/C)
Latter of credit (L/C) merupakan salah satu jasa bank yang diberikan kepada masyarakat untuk memperlancar arus barang (ekspor – impor) Termasuk barang dalam negeri (antar pulau). Kegunaan latter of credit adalah untuk menampung dan menyelesaikan kesulitan – kesulitan dari pihak pembeli (importer) maupun penjual (eksportir) dalam transaksi dagangannya.

Pengertian secara umum L/C merupakan suatu pernyataan dari bank atas permintaan nasabah (biasanya importer) untuk menyediakan dan membayar sejumlah uang tertentu untuk kepentingan pihak ke tiga ( penerima L/C atau eksportir). L/C sering disebut dengan kredit berdokumen atau documentary credit.

Pembukaan L/C oleh importer dilakukan nasabah melalui bank yang disebut opening bank atau issuing bank sedangkan bank eksportir merupakan bank pembayaran terhadap barang yang diperdagangkan dalam hal ini eksportir berhubungan dengan bank pembayar atau disebut advising bank.

       5.        Travelers Cheque
Travelles cheque dikenal dengan nama cek wisata atau cek perjalanan yang biasanya digunakan oleh mereka yang hendak berpergian atau sering dibawa oleh turis. Travelers cheque diterbitkan dalam pecahan – pecahan tertentu seperti halnya uang kertal yang diterbitkan dalam mata uang rupiah dan mata uang asing.
Keuntungan serta manfaat penggunaan travelers cheque terutama bagi mereka yang suka berpergian/berwisata antarain sebagai berikut.
                                              
a  -   Memberikan kemudahan berbelanja, karena travelers cheque dapat dibelanjakan atau diuangkan   dberbagai tempat.
b  -    Mengurangi resiko kehilangan uang karena setiap travelers cheque yang hilang dapat diganti.
c   -  Memberikan rasa percaya diri, karena si pemakai travelers cheque dilayani secara prima.
d  -   Dapat dijadikan cendra mata ataupun hadiah buat teman, kolega atau nasabah.
e -  Biasanya untuk pembelian travelers cheque, tidak dikenakan biaya, begitu pula pada saat pencairannya, namun hal ini sangat tergantung kepada bank yang menertibkannya.


Jenis – jenis travelers chaque yang beredar dapat dilihat dari segi mata uang antara lain :
-          Travelers cheque mata uang rupiah.
-          Travelers cheque dalam valuta asing yang ditertibkan oleh pihak bank berstatus bank devisa.

Antara travelers cheque dengan cek biasa (personel cheque) terdapat beberapa perbedaan. Travelers cheque merupakan cek wisata sedangkan personal cheque merupakan cek yang diperoleh seseorang dengan membuka rekening giro di suatu bank. Meskipun dalam banyak hal terdapat perbedaan, namun berfungsi sama yaitu sebagai alat pembayaran.

Sumber :
Dr. Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2012




24 komentar:

MOUNIKA mengatakan...

This is really interesting, You are a very skilled blogger. I have joined your feed and look forward to seeking more of your wonderful post. Also, I have shared your site in my social networks!
java training

MOUNIKA mengatakan...

Nice post.
Oracle Rac Training From India

QuickBooks Payroll Support Phone Number mengatakan...

We're going to assure you because of the error-free service. QuickBooks Enterprise Technical Support Number is internationally recognized. You need to come to used to grasp this help.

jameswill11 mengatakan...

QuickBooks Tech Support Phone Number software makes you feel confident on a regular basis by allowing there is the ball always in your court. You are able to choose as per the norms of the company the rules that suit you best.

Jamess mengatakan...

Do you realize why? It is due to lack of support service. You QuickBook Support to the business enterprise and then make a lot of errors.

steffan mengatakan...

No matter if you're getting performance errors or you are facing any kind of trouble to upgrade your software to its latest version, you can quickly get assistance with QuikcBooks Tech Support Number.

rdsraftaar mengatakan...

However, in the event that you feel which you urgently need certainly to hire our ProAdvisor to accomplish the task for you personally, you can dial QuickBooks Enterprise Tehnical Support Number. It is our QuickBooks payroll support telephone number available 24/7 for several users.

rdsraftaar mengatakan...

Though QuickBooks Payroll Helpline Number a helpful tool for QuickBooks users in the industry realm, yet some hits and misses may arise anytime during use. Every one of these issues become a good inconvenience to users causing a collection returning to the highly reputed nature of QuickBooks accounting software.

kevin32 mengatakan...

These errors might be resolvable at QuickBooks Technical Support Number, by our supremely talented, dedicated and well-informed tech support team team.

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

It is nearly extremely hard to not wander away once in a very whereas following the written account to manage the accounts. Which is why intuit created QuickBooks Support Number: associate degree accounting and management code. Today, QuickBooks is considered the most used accounting and management code available to you.

kevin32 mengatakan...


Encountering a slip-up or Technical breakdown of your QuickBooks Support Phone Number or its functions will end up associate degree obstacle and put your work with a halt. this is often not solely frustrating however additionally a heavy concern as all your crucial info is saved in the code information.

Mathew mengatakan...

Our specialist can surely do wonders in addition they get it done every day when a person comes to us along with their QuickBooks problems. Our QuickBooks Tech Support Number team, especially, tackle every bugs and error of QuickBooks. As a result, among others.

jameswill11 mengatakan...

Consist of a beautiful bunch of accounting versions, viz., QuickBooks Pro, QuickBooks Premier, QuickBooks Enterprise, QuickBooks Support, QuickBooks Mac, QuickBooks Windows, and QuickBooks Payroll, QuickBooks has grown to become a dependable accounting software that one may tailor depending on your industry prerequisite.

QuickBooks Payroll Support Phone Number mengatakan...

Problems are inevitable and they also usually do not come with a bang. Our team at QuickBooks Tech Support Phone Number is ready beforehand to provide you customer-friendly assistance in the event that you talk with a concern using QuickBooks Pro. Many of us is skilled, talented, knowledgeable and spontaneous. Without taking most of your time, our team gets you rid of most unavoidable errors for this software.

accountingwizards mengatakan...

Hawk-eye on expenses: You can easily set a parameter to a specific expense. This parameter could be learned, especially, from our best QuickBooks Technical Support Phone Number experts.

QuickBooks Support Phone Number mengatakan...

QuickBooks Tech Support Phone Number is a cleverly designed accounting software to avoid the maximum odds of error. Also, this software enables the users to create a PIN or password to prevent the unauthorised transaction and payments within the software.

steffan mengatakan...

“Just dial our QuickBooks Technical Support Phone Number to ask about for Quickbooks Payroll customer service to remove payroll issues. We take advantage of startups to small-scale, medium-sized to multinational companies.”

steffan mengatakan...

Here we will update you the way you can obtain QuickBooks enterprise support telephone number or simple recommendations for connecting QuickBooks Enterprise Number USA. QuickBooks is financial software that will assist small enterprise, large business along with home users.

jameswill11 mengatakan...

QuickBooks Tech Support Number, it is a user-friendly accounting software; an easy task to maintain; assisting the company in keeping the records of financial transactions, and a whole lot more features.

Jamess mengatakan...

QuickBooks software and begin trying to find the solution. You must not worries, if you're facing trouble utilizing your software you're going to be just a call away to your solution. Reach us at QuickBooks Support at and experience our efficient tech support team of many your software related issues. If you're aa QuickBooks enterprise user, you'll be able to reach us out immediately at our QuickBooks Support contact number . QuickBooks technical help is present at our QuickBooks tech support number dial this and gets your solution from our technical experts.

rdsraftaar mengatakan...

But, being a regular business person, working on professional accounting software, like QuickBooks, is obviously not necessarily easy. Thus, users may have to face an array of issues and error messages while using the software; once you feel something went wrong together with your accounting software and really should not discover a way out, you can get QuickBooks Customer Support Phone Number team from our experts’ team, working day and night to correct any issues with respect to QuickBooks.

kevin32 mengatakan...

You may already know the benefits of QuickBooks payroll into your business. But as a small business owner, you always expect that most your payroll or accounting related task run without any glitch. In order that’s why you need QuickBooks Payroll support number for QuickBooks Payroll Support Phone Number.

Mathew mengatakan...

QuickBooks has availed many further versions with this software namely QuickBooks Pro, QuickBooks Premier, QuickBooks Enterprise, QuickBooks Point of Sale, QuickBooks Payroll, QuickBooks Accountant, QuickBooks Mac and QuickBooks Windows & we fix all QuickBooks Technical Support Number issues.

Blogsilly mengatakan...

It holds information, causes as well as the action causing the error. Banking error 9999 may encountered the user while searching online. It hangs, responds slower or even stop working. When trying updating the information, the users get entangled in error. If you would like to learn How To Troubleshoot QuickBooks Error 9999, you can continue reading this blog.

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 prisca arsani and Powered by Blogger.