Minggu, 08 Januari 2012


Teori X dan Teori Y dari Mc Gregor
Douglas mcgregor mengemukakan strategi kepemimpinan efektif dengan menggunakan konsep manajemen partisipasi . konsep initerkenal karena menggunakan asumsi –asumsi sifat dasar manusia , pemimpin yang menyukai teori x bergaya kepentingan otoriter dan sebaliknya seseorang pemimpin ynag menyukai teori y lebih cenderung menyukai gaya kepemimpinan demokratif.
Asumsi teori x
  1. rata-rata kodrat manusia malas atau tidak menyukai pekerjaan dan akan menghindari bila mungkin
  2. rata-rata kodrat manusia lebih menyukai di arahkan, menginginkan di jaminan hidup di atas segalanya , ambisi relative kecil, inginmenghindari tanggung jawab.
  3. kateristik manusia dalam menjalankan tugas untuk mencapai organisasi cenderung dipaksa , diawasi , diarahkan atau di ancam dengan hukum
asumsi teori y;
v                 rata-rata kodrat dalam kondisi layak,belejar tidak hanya untuk menerima tetapi mencari tanggung jawab.
v                 Penghargaan yang berhubungan dengan prestasi  merupakan tujuan
v                 Potensi intelektual manusia dalam kondisi kehidupan industri di gunakan hanya sebagian
v                 Penggunaan phisik dan mental merupakan kodrat manusia.
v                  Pengarahan dalam usaha pencapaian tujuan organisasi tidak hanya dengan cara mengawasi dan mengancam dalam bentuk hukuman. Orang akan melakukan pengedalian diri dan pengarahan diri untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan .
v                 Punya kapsaitas untuk melakukan imajinasi , kecerdikan dan kreaktifitas dalam penyelesaian masalah – masalah organisasi yang tersebut secara luas pada seluruh karyawan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 prisca arsani and Powered by Blogger.